Strategi Promosi Jasa Servis Elektronik Terbukti Ampuh


Promosi intinya ialah memperkenalkan barang atau jasa yang kita dijual kepada publik, sehingga publik kenal dengan barang atau jasa yang kita jual.

Jualan tanpa promosi sama dengan nol. Terutama yang masih gres memulai usaha.

Jika tidak dikenalkan kepada khalayak umum maka siapa yang akan beli kalau khlayak belum tau kalau anda menjual sesuatu.

Maka dari itu, sebagai penjual jasa servis elektronik, tentu anda membutuhkan namanya taktik promosi, semoga jasa yang anda jual, dikenal khalayak sehingga terjadi penjualan.

Pada kesempatan ini, saya menyebarkan teknik cara promosi sederhana namun sudah terbukti meningkatkan omset jasa dan profit yang kita inginkan. Sehingga bisnis servis elektronik anda bisa sukses.

Namun sebelum itu, kita kenali dulu sitem kerja yang anda lakukan sehingga memahami taktik promosi mana yang harus ditempuh.

Dilihat secara sistim kerjanya, cara kerja para tukang servis mempunyai memiliki dua sistim yaitu :

Sistim kerja Servis panggilan

Dan sistem mangkal atau buka ruko

Dari kedua sistim tersebut ada kelebihan dan kekurangannya.

1.+Kelebihan sistem kerja servis panggilan

Bisa dibilang bahwa sistim kerja servis panggilan minim modal. Misal tidak ada sewa ruko, biaya listrik.

Lebih memanjakan user servis( user friendly).

Menjangkau wilayah lebih luas.

# kelemahanya, yaitu;

Harus membawa peralatan dan sparpart.

Biaya servis lebih mahal alasannya ialah uang transport .

Tidak lebih produktif, contohnya kalu. Dirumah bisa menyervis 2,,perangkt secara bersamaan tidak demikian bila servis panggilan.

2. Sistim kerja mangkal/buka kios

Buka kios ini mungkin lebih cocok Bagi yang mempunyai modal besar.

Karena disini anda sanggup sambil berjualan barang elektronik dan alat part. Hal inilah yang menjadi keunggulan servis elektronik membuka kios.

Kelemahan membuka kios ialah tidak user friendly. Kecuali bengkel menyediakan fitur antar jemput.

Dari dua sistim kerja diatas kalau dibandingkan mungkin hampir sama tinggal bagaimana anda mengelolanya.

Lalu bagamana taktik pemasaran servis elektronik semoga bengkel anda atau jasa anda laku makmur?

Sebenarnya sederhana saja, yang perlu anda lakukan. Berikut ini saya akan paparkan beberapa steategi yang bisa anda terapkan dalam rangka meningkatkan omset penjualan di bidang jasa servis elektronik:

1. Perluas jaringan pertemanan

Pertama perluas jaringan. Strategi ini sederhana namun sangat ampuh untuk anda terapkan. Terbukti saya langsung mengalami, memang temanlah yang memperlihatkan omset /servisan.

Sebagai referensi dikala sobat saya tahu bahwa saya ialah seorang tuser elektro, maka mereka yang sedang bermasalah dengan perangkatnya, mereka pun akan berkonsultasi pada saya kemudian sampailah pada penjualan. Yaitu memakai jasa saya.

Untuk itu, Memperluas jaringan taktik no 1 Sebelum ke taktik promosi lainya.

2. Memanfaatkan media sosial

Media sosial dikala ini sudah menjamur di masyarakat kita. Sehingga ini memudahkaan anda memperluas jaringan.

Lalu bagaimana cara memakai jejaring sosial di medsos?

Jika boleh saya sarankan,
Uploadlah acara servis sehari-hari ke media umum terutama facebook dan BBM.

Media facebook dan bbm sangat ampuh untuk mempromosikan jasa servis anda. Ini terbukti ibarat yang saya lakukan.

Namun ada cara tersendiri semoga anda sanggup menjaring klien sebanyak-banyaknya. Yaitu dengan:

# mempromoaikan jasa, si group jual beli di wilayah anda.

Carilah grup jual beli sesuai wilayah anda, sehingga ini akan mempermudah klien dan anda untuk dijangkau.

Misalnya anda dengan menggunaka sistim kerja panggilan. Pasti bila di luar wilayah jangkauan maka anda niscaya akan rugi.

Apabila memakai sistim mangkal /bengkel bila masih sewilayah maka memudahkan klien /user untuk pergi ke bengkel servis elektronik anda. 

Mempromosikan di group jual beli di facebook akan memperkenalkan jasa anda di kanca domisili, sehingga orang orang yang berada di wilayah anda sanggup mengenal bengkel anda.

Dengan catatan bahwa bengkel harus mempunyai nama dan alamat.

Karena nama bengkel dan alamat akan menjadi merk anda semoga diingat orang yang akan menjadi calon langganan bengkel anda.

#Mengupload foto kerja

Pastikan bahwa anda selalu mengupload foto dan solusi. Ini sangat ampuh untuk memperkenalkan bahwa anda ialah seorang penjual jasa servis elektronik. Sehingga orang akan mengetahui bahwa anda ialah seorang tuser elektro, maka mereka kadang yang sedang bermasalah dengan elektronik di rumah akan menanyakan permasalahan mereka.

Pada kesannya bisa terjadi penjualan.

Mengaplod fto ihwal servis , jangan secara beruntun ,sesekali diselingi dengan status langsung anda. Agar sobat tidak bosan dengan yang anda lakukan.

#Untuk yang memakai BBM hampir sama namun di kontak bbm biasanya ialah orang-orang yang kenal dengan anda sehingga ini akan lebih gampang menjaring pelanggan servis anda.

Maka dari itu, setiap anda bertemu dengan teman, mintalah pin bbm. Sehingga jaringan akan bertambah banyak.

3. Memperbaiki kualitas pelayanan

Sebanyak apapun pembeli jasa anda, kalau pelayana kurang memuaskan maka kemungkinan klien ogah kembali lagi untuk memakai jasa servis anda.

Tentu kualitas pelayanan inilah yang nantinya akan menjadi pilar dimana bengkel anda hidup dan mati.

Karena jasa inti utamanya ialah pelayanan.

Lalu bagai mana meningkatkan kualitas pelayanan.?

Kita kembalikan kepada pembeli. Yaitu

Apa yang mereka harapkan?

Yaitu: Biaya ongkos servis Murah , servis barang  cepat jadi,  dan awet.

Itulah keinginan pengguna jasa servis. Terlihat sulit namun bisa di pecahkan.

Jika yang diperlukan ongkos servis murah maka diimbangi dengan menjual sparpart. Tekan biaya ongkos lempar ke harga sparpart sehingga ini tidak akan memperlihatkan stagmen yang murah, namun harus logis.

Servis cepat merupakan keinginan dari setiap orang yang memakai jasa anda. Sperti yang kita tahu bahwa sparpart elektronik tidak pasti. Terkadang setiap perangkat berbeda seri dan tipe.

Untuk itu kalau anda mempunyai modal besar usahakan lengkapi sparpart yang sering di gunakan, sehingga pelayanan cepat sanggup dilakukan.

Namun jika, tidak ada atau kesulitan maka berikan klarifikasi dan pengertian mengenai hambatan kesulitan secara terang kepada klien semoga tidak menjacs bahwa pelayanan bengkel anda jlek.

Pada dasarnya taktik promosi servis elektronik ialah jaringan, pelayanan dan kemampuan. Maka jasa dijamin akan laris.

Nah itulah bebrapa taktik promosi jasa servis elektronik yang sanggup saya rangkum versi pribadi. Semoga ulasan diatas sanggup bermanfaat bagi rekan sekalian.

Akhir kata, saya mengucapkan "terimakasih!" atas kunjunganya.

Salam sukses!

Baca juga; bisnis sampingan yang cocok untuk teknisi elektronik


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menangani Tv Layar Melebar Kiri Dan Kanan

Pengalaman Menangani Kerusakan Tv Polytron U-Slim Series

Cara Merubah Nilai Resistor